brakidaktili

brakidaktili1

BRAKIDAKTILI adalah suatu kelainan akibat pewarisan alel dominan autosomal. Kelainan ini dicirikan dengan jari tangan atau kaki yang memendek, disebabkan oleh pemendekan ruas-ruas tulang jari.

Menurut dokter umum Rumah Sakit Umum Abdul Moloek dr Luther Theng, dari studi kasus yang ditemukan umumnya brakidaktili terjadi pada 1 dari 4.000 kelahiran.

Secara klinis brakidaktili bisa berupa terjadinya pemendekan pada kelima jari pada masing-masing tangan dan kaki atau kadangkala selain ukuran jari lebih pendek, ada satu atau dua jari yang “hilang”.

Hal itu disebabkan seseorang yang menderita brakidaktili mengalami kekerdilan pertumbuhan, sehingga menjadi sindaktili atau perlekatan dua jari pada satu tangan atau kaki.

Lebih lanjut dr Luther menjelaskan, penderita brakidaktili memiliki gen dalam keadaan heterozigot (Bb). Individu yang memiliki gen dalam keadaan homozigot dominan (BB) menyebabkan kematian pada masa embrio.

Sedangkan dalam keadaan heterozigot hanya memunyai dua ruas jari, karena ruas jari yang tengah sangat pendek dan tumbuh menyatu dengan ruas jari lain. Individu dengan gen homozigot resesif (bb) merupakan individu normal.