Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Memelihara Kesehatan Gigi Pada Anak Usia 8-9 Tahun


ABSTRAK

 

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Memelihara Kesehatan Gigi Pada Anak Usia 8-9 Tahun

 

Memelihara kesehatan gigi merupakan kegiatan penting untuk mencegah penyakit gigi, tetapi perilaku anak ke arah itu masih rendah. Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak-anak dalam menjaga kesehatan gigi dengan memberikan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan Gigi bagi usia sekolah sangat penting karena periode tersebut adalah usia pengembangan gigi. Dari hasil studi pendahuluan di tempat penelitian, data menunjukkan sebesar 88% anak-anak memiliki gigi berlubang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gigi terhadap pengetahuan dan sikap dalam memelihara kesehatan gigi. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimental dengan one group pre-post test desain. Data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon sign rank test. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa di kelas II, yang berusia 8 – 9 tahun, terdiri dari 62 siswa berdasarkan kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil uji wilcoxon sign rank test menunjukkan p = 0,000 < α 0,05 untuk pengetahuan dan sikap, berarti bahwa pendidikan kesehatan gigi mempengaruhi pengetahuan dan sikap pada usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri 7 Dalung. Saran untuk sekolah dapat meningkatkan program pendidikan kesehatan gigi disekolah, mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi terhadap siswa secara berkala. Saran bagi Dinas Kesehatan dapat memaksimalkan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di seluruh sekolah. Saran bagi orang tua dapat lebih memperhatikan kesehatan gigi pada anak-anak mereka. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah dapat menggunakan kelompok kontrol dan mencoba menggunakan metode pendidikan kesehatan yang lainnya.

 

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan Gigi, Pengetahuan, Sikap.

 

 

ABSTRACT

 

The Effect of Dental Health Education Towards Knowledge and Attitudes on Maintain Dental Health on Children Aged 8-9 Years

 

 

Maintain dental health is an important activity to prevent teeth diseases, but children behavior towards it is still low. One of methods to increase the knowledge and attitude of children in maintain dental health is by giving a health education. Dental health education for school age is very important because this period is the age of tooth development. From the preliminary study  in research place, the data show that 88% of children have cavities. The aim of this experiment is to found out the effect of dental health education towards knowledge and attitude in maintain dental health. This research used pre experimental method by one group pre-post test design. The data were analyzed by using wilcoxon sign rank test. The samples in this research are all the students in class II, 8 – 9th years old, consisted of 62 students based on the inclusion criteria. The sample taking with total sampling technique. Wilcoxon sign rank test result show p = 0,000 < α 0,05 for knowledge and attitude, means that dental health education affect knowledge and attitude at school age in Sekolah Dasar Negeri 7 Dalung. Suggestions for schools is to improve the dental health education programs in schools, held a dental health check on students regularly. Suggestions for the Department of Health is to maximize the functionality of Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) and Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) throughout the school. Suggestions for parents is to pay more attention to the dental health of their children. The suggestion for the further experiment is to use a control group and try to use other methods of health education.

 

Key words : Dental Health Education, Knowledge, Attitude.

moree