PERBANDINGAN KEMAJUAN TERAPI ANAK AUTISME DENGAN DIET CFGF DAN TANPA DIET CFGF PADA YAYASAN PENGEMBANGAN POTENSI ANAK (YPPA)


PERBANDINGAN KEMAJUAN TERAPI ANAK AUTISME

DENGAN DIET CFGF DAN TANPA DIET CFGF PADA

YAYASAN PENGEMBANGAN POTENSI ANAK (YPPA)

PADANG

 

 

OLEH

YONDRIZAL NURDIN

ABSTRAK

            Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai adanya gangguan dalam bidang kognitif, bahasa,prilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Terapi yang diberikan adalah terapi prilaku,terapi wicara, terapi okupasi dan diet Casein Free Gluten Free (Diet CFGF). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penatalaksanaan terapi dan diet CFGF terhadap kemajuan anak autisme.

Penelitian ini dengan metode deskriptif dengan pendekati studi komparasi . Pemilihan sampel secara porposive sampling di Yayasan Pengembangan Anak (YPPA) Padang. Jumlah sampel sebanyak 30 orang anak yang dibagi menjadi 2 kelompok,yaitu ;kelompok I dan kelompok II. Teknik pengukuran data dengan menggunakan lembaran observasi dengan melakukan kemajuan anak autisme.Data dianalisis dengan menggunakan T test.

Hasil penelitian yang diperoleh dari kemajuan anak autisme yang menjalani terapi perilaku, terapi wicara dan terapi okupasi dengan diet CFGF dan tanpa diet CFGF antara pengukuran pertama dan kedua.secara statistik menunjukkan perbedaan yang siknifikan (P>0,05). Tidak terdapat perbedaan yang siknifikan (P.0,05) kemajuan anak autisme kelompok I yang menjalani terapi perilaku,terapi wicara dan terapi okupasi dengan diet CFGF dibandingkan dengan kelompok II anak autisme yang menjalani terapi perilaku, terapi wicara dan terapi okupasi tanpa diet CFGF. Oleh karena itu perlu dilakukan terapi terhadap anak autisme secara terpadu dan anak autisme yang menjalani diet CFGF diperlukan pengontrolan secara ketat.

moree