contoh RPP


RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN

MATA KULIAH : IT Keperawatan
BEBAN STUDI : 2 ( T  : 2 ) SKS
SASARAN : Mahasiswa Kelas A3D Semester V
Tempat : Kampus Stikes Wira Medika PPNI Bali
PJMA : Randy chandra, S.kep.,Ns
No Hp : 081 999 909 009
e’mail : randy_chandra@rocketmail.com
Tim Fasilitator :

 

 

 

DESKRIPSI MATA AJAR

Sistem Informasi Keperawatan berbasiskan Teknologi Informasi dan telah menjadi suatu kebutuhan mutlak bagi profesi terbesar di rumah sakit dan telah menjadi salah satu jawaban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi bagi profesi perawat, sehingga mata ajar ini dapat mendukung mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Mata ajar ini membahas tentang pengenalan komputer, aplikasi komputer, penerapan komputer dalam bidang keperawatan.

 

KOMPETENSI :

Setelah mengikuti mata ajar Ilmu teknologi Keperwatan, mahasiswa mampu:

  1. Mengenal teknologi informasi
  2. Menjelaskan Teknologi Informasi, Inovasi bagi Dunia Pendidikan
  3. Menjelaskan bagian-bagian computer
  4. Mengenal dan menggunakan Internet
  5. Menjelaskan surat elektronik (e-mail)
  6. Menjelaskan Publikasi elektronik (blogging)
  7. Menerapkan aplikasi office Word
  8. Menerapkan aplikasi office Power Point
  9. Menerapkan aplikasi office Excel
  10. Menerapkan aplikasi office Publisher
  11. Menjelaskan pendokumentasian keperawatan melalui computer

 


RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN

 

Pertemuan/

Hari/tgl/Jam

Kemampuan akhir yang diharapkan

Bahan Kajian

Metode

pembelajaran

Fasilitator

I

Selasa

21 Sep 2010

13.00-14.40

Mengenal teknologi informasi
  1. Sejarah perkembangan teknologi informasi
  2. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh
  3. Komponen Teknologi Informasi
  4. Pendidikan Jarak Jauh Secara Online
  5. Prospek Pendidikan Secara Online di Indonesia

lecture

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

II

Rabu

22 Sep 2010

13.00-14.40

Menjelaskan Teknologi Informasi, Inovasi bagi Dunia Pendidikan
  1. Kedudukan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran
  2. Manfaat IT bagi bidang pendidikan
  3. IT Sebagai Media Pembelajaran Multimedia
  4. Kendala-Kendala Pengimplikasian di Indonesia
  5. E-learning sebagai solusi permasalahn pendidikan indonesia

lecture

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

III

Kamis

23 Sep 2010

13.00-14.40

Menjelaskan bagian-bagian computer
  1. Pengertian komputer
  2. Sistem komponen komputer
  3. Perangkat keras

–       Processor

–       Memory

–       Input device

–       Output device

–       Storage

  1. Perangakat lunak

–       Definisi dan Konsep perangkat lunak

  1. System operasi

–       Pengertian Sistem Operasi

–       Fungsi Dasar

–       Tujuan Mempelajari Sistem Operasi

–       Sejarah Sistem Operasi

–       Kelebihan dan kekurangan Windows

  1. Tips dan trik

SGD

Randy chandra, S.kep.,Ns

IV

Jumat

24 Sep 2010

07.30-09.10

Menjelaskan bagian-bagian computer
  1. Klasifikasi perangkat lunak

–       Berdasarkan Fungsi Dalam Sistem Komputer

–       Berdasarkan Kegunaan untuk Pemakai

–       Berdasarkan Lingkungan Kerja

–       Berdasarkan Cara Kerja

–       Berdasarkan Cara Mendapatkannya

  1. Aplikasi Multimedia

–       Definisi dan Konsep

–       Aplikasi Multimedia

–       Elemen Multimedia

lecture

Randy chandra, S.kep.,Ns

V

Senin

27 Sep 2010

07.30-09.10

Mahasiswa mampu mengenal dan menggunakan Internet
  1. Konsep Internet
  2. Layanan yang tersedia di internet
  3. Cara koneksi Internet
  4. Aplikasi Internet
  5. Browsing

–       Definisi browsing

–       Fasilitas yang diperlukan

–       Mengenal pengaturan nama domain

–       Teknik dasar penggunaan internet

  1. Tips dan trik

lecture

Randy chandra, S.kep.,Ns

VI

Selasa

28 Sep 2010

07.30-09.10

Menjelaskan surat elektronik (e-mail) 
  1. Pengertian e-mail
  2. Jenis-jenis e-mail
  3. Kegunaan e-mail
  4. Kelebihan dan kekurangan e-mail
  5. Langkah-langkah membuat e-mail

lecture

I Made  Sudarma Adiputra, S.Kep.,Ns

VII

Kamis

30 Sep 2010

13.00-14.40

Menjelaskan Publikasi elektronik (blogging) –          Pengertian Blog-          Persyaratan Membuat Blog

–          Keuntungan blogging

–          Langkah-langkah Membuat Blog

–          Mempublikasikan blog

SGD

I Made  Sudarma Adiputra, S.Kep.,Ns

VIII

Jumat

01 Okt 2010

13.00-14.40

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft office word
  1. Mengenal Microsoft Office Word 2007
  2. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007

–       Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007

–       Membuat Dokumen Baru

–       Mengenal Dasar Pengetikan

  1. Melakukan Pengeditan Teks
  2. Pengaturan Dokumen

Simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

IX

Sabtu

02 Okt 2010

13.00-14.40

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft office word
  1. Melakukan Pengaturan Pada Halaman

–       Membuat Bingkai Pada Halaman

–       Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas

–       Header dan Footer, Footnone/Endnote, Penomoran Halaman

  1. Menyisipkan Objek Lain Pada Word

–       Menyisipkan Simbol dan Rumus Matematika

–       Menyisipkan Teks Indah, Clipt Art, Gambar

–       Menyisipkan Tabel

  1. Mencetak Dokumen

simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

X

Senin

04 Okt 2010

07.30-09.10

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Power point
  1. Mengenal Microsoft Office Power Point 2007
  2. Memulai Aplikasi Microsoft Office Power Point 2007

–       Tampilan Jendela Microsoft Office Power Point 2007

–       Membuat Dokumen Baru

  1. Melakukan Pengeditan Teks
  2. Pengaturan tema slide

Simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

XI

Selasa

05 Okt 2010

07.30-09.10

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Power point
  1. Menambahkan animasi

–       Motion Path, Efek Teleport

–       Bola Menggelinding, Mobil Balap

–       Daun Tertiup Angin

  1. Menambahkan gambar, grafik, tabel, link, clip art
  2. Mencetak dokumen

–       Mengatur kertas, page setup

simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

XII

Rabu

06 Okt 2010

07.30-09.10

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Excel
  1. Mengenal Microsoft Excel 2007
  2. Fasilitas yang Terdapat pada Microsoft Excel 2007
  3. Bekerja dengan microsoft excel 2007 dan mengelola file
  4. Mengelola sel dan data
  5. Mengelola worksheet dan workbook

Simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

XIII

Kamis

07 Okt 2010

13.00-14.40

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Excel
  1. Operator dan formula
  2. Fungsi dalam microsoft excel
  3. Grafik
  4. Gambar dan shape
  5. Formula
  6. Konfigurasi
  7. Mencetak dokumen

simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

XIV

Jumat

08 Okt 2010

13.00-14.40

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Publisher
  1. Mengenal Microsoft Publisher 2007
  2. Menggunakan Mcrosoft Publisher task pane
  3. Fungsi-fungsi dalam microsoft Publisher
  4. Keuntungan menggunakan Microsoft Publisher

Simulasi

Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom.,M.CS

XV

Sabtu

09 Okt 2010

13.00-14.40

Menjelaskan pendokumentasian keperawatan melalui computer
  1. Membuat dokumentasi dalam bentuk digital
  2. Contoh dokumentasi keperawatan

SGD

Randy chandra, S.kep.,Ns

XVI

Ujian

PJMA

 

 

(Randy chandra, S.kep.,Ns)

MATA KULIAH : Ilmu Sosial
BEBAN STUDI : 2 ( T  : 2 ) SKS
SASARAN : Mahasiswa Semester I

 

DESKRIPSI TUGAS

Pertemuan

Metode

Tujuan Tugas

Uraian Tugas

Kriteria Penilaian

Bobot Nilai

Hard Skill

Soft Skill

I

Selasa

21 Sep 2010

13.00-14.40

lecture

Membuat resum pembelajaran
  1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran
  2. Resume dikumpulkan pada akhir pembelajaran pada fasilitator
Kemampuan membuat resum tentang:-   Sejarah perkembangan teknologi informasi

–   Peran TI dalam pendidikan

–   Komponen TI

–   Pendidikan online

–   Prospek TI di indonesia

–          Disiplin-          antusias

–          Komunikasi tertulis

–          mendengarkan

 

2 %

II

Rabu

22 Sep 2010

13.00-14.40

lecture

Membuat resum pembelajaran
  1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran
  2. Resume dikumpulkan pada akhir pembelajaran pada fasilitator
Kemampuan membuat resum tentang:-   Kedudukan dan pemanfaatan TI dalam Pembelajaran

–   Manfaat TI bagi bidang pendidikan

–   Kendala-Kendala TI di Indonesia

–   E-learning sebagai solusi permasalahn pendidikan indonesia

–          Disiplin-          antusias

–          Komunikasi tertulis

–          mendengarkan

 

2 %

III

Kamis

23 Sep 2010

13.00-14.40

SGD

Membuat makalah tentang bagian-bagian komputer
  1. Mahasiswa membagi diri menjadi 8 kelompok
  2. Setiap materi dibahas oleh 2 kelompok
  3. Masing-masing kelompok melakukan presentasi dan diskusi selama 15 menit
  4. Kelompok yang presentasi akan diundi pada hari H
  5. Presenter dari kelompok yang tampil ditunjuk oleh fasilitator
  6. Makalah dikumpulkan kepada fasilitator setelah selesai revisi (2 hari setelah presentasi)
Kemampuan mahasiswa menjelaskan bagian-bagian komputer  –          Komunikasi-          Kerjasama

–          Sintesa hasil

–          Saling menghargai

–          Inisistif

–          Leadership

 

6 %

IV

Jumat

24 Sep 2010

07.30-09.10

lecture

Membuat resum pembelajaran
  1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran
  2. Resume dikumpulkan pada akhir pembelajaran pada fasilitator
Kemampuan membuat resum tentang:-      Klasifikasi perangkat lunak

–      Aplikasi Multimedia

–          Komunikasi-          Kerjasama

–          Sintesa hasil

–          Saling menghargai

–          Inisistif

–          Leadership

2 %

V

Senin

27 Sep 2010

07.30-09.10

lecture

Membuat resum pembelajaran
  1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran
  2. Resume dikumpulkan pada akhir pembelajaran pada fasilitator
Kemampuan membuat resum tentang:-      Konsep Internet

–      Layanan yang tersedia di internet

–      Cara koneksi Internet

–      Aplikasi Internet

–      Browsing

–          Disiplin-          antusias

–          Komunikasi tertulis

–          mendengarkan

 

2 %

VI

Selasa

28 Sep 2010

07.30-09.10

lecture

Membuat resum pembelajaran
  1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran
  2. Resume dikumpulkan pada akhir pembelajaran pada fasilitator
Kemampuan membuat resum tentang:-      Pengertian e-mail

–      Jenis-jenis e-mail

–      Kegunaan e-mail

–      Kelebihan dan kekurangan e-mail

–      Langkah-langkah membuat e-mail

–          Disiplin-          antusias

–          Komunikasi tertulis

–          mendengarkan

 

2 %

VII

Kamis

30 Sep 2010

13.00-14.40

SGD

Membuat makalah tentang bagian-bagian komputer
  1. Mahasiswa membagi diri menjadi 10 kelompok
    1. Setiap kelompok membahas materi yang sama
    2. Masing-masing kelompok melakukan presentasi dan diskusi selama 15 menit
    3. Kelompok yang presentasi akan diundi pada hari H
    4. Presenter dari kelompok yang tampil ditunjuk oleh fasilitator
    5. Makalah dikumpulkan kepada fasilitator setelah selesai revisi (2 hari setelah presentasi)
Kemampuan mahasiswa menjelaskan-      Pengertian Blog

–      Persyaratan Membuat Blog

–      Keuntungan blogging

–      Langkah-langkah Membuat Blog

–      Mempublikasikan blog

–          Komunikasi-          Kerjasama

–          Sintesa hasil

–          Saling menghargai

–          Inisistif

–          Leadership

 

6 %

VIII

Jumat

01 Okt 2010

13.00-14.40

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft office word
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Office Word 2007 (30 menit)
  2. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi office word 2007
  3. kelompok melakukan simulasi  tentang office word 2007
  4. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa

 

  1. Kemampuan dalam memahami gambaran tentang Microsoft Office Word 2007
  2. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Office Word 2007

–       Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007

–       Membuat Dokumen Baru

–       Mengenal Dasar Pengetikan

–       Melakukan Pengeditan Teks

–       Pengaturan Dokumen

–          Apresiasi-          Imajinasi/analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

IX

Sabtu

02 Okt 2010

13.00-14.40

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft office word
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Office Word 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi office word 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang office word 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa

 

  1. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Office Word 2007

–       Melakukan Pengaturan Pada Halaman

–       Menyisipkan Objek Lain Pada Word

–       Mencetak Dokumen

–          Apresiasi-          Imajinasi/analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

X

Senin

04 Okt 2010

07.30-09.10

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Microsoft Office Power Point 2007
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Office Power Point 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi Microsoft Office Power Point 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang Microsoft Office Power Point 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa
  2. Kemampuan dalam memahami gambaran tentang Microsoft Office Power Point 2007
    1. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Office Power Point 2007
–       Tampilan Jendela Microsoft Office Power Point 2007-       Membuat Dokumen Baru

–       Melakukan Pengeditan Teks

–       Pengaturan tema slide

–          Apresiasi-          Imajinasi/analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

XI

Selasa

05 Okt 2010

07.30-09.10

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Office Power Point 2007
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Office Power Point 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi Microsoft Office Power Point 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang Microsoft Office Power Point 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa
    4. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Office Power Point 2007
–       Menambahkan animasi-       Menambahkan gambar, grafik, tabel, link, clip art

–       Mencetak dokumen

–          Apresiasi-          Imajinasi/analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

XII

Rabu

06 Okt 2010

07.30-09.10

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Excel 2007
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Excel 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi Microsoft Excel 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang Microsoft Excel 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa
  2. Kemampuan dalam memahami gambaran tentang Microsoft Excel 2007
    1. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Excel 2007
–       Bekerja dengan microsoft excel 2007 dan mengelola file-       Mengelola sel dan data

–       Mengelola worksheet dan workbook

–          Apresiasi-          Imajinasi/analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

XIII

Kamis

07 Okt 2010

13.00-14.40

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Excel 2007
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Excel 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi Microsoft Excel 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang Microsoft Excel 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa

 

  1. Kemampuan dalam memahami gambaran tentang Microsoft Excel 2007
    1. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Excel 2007

–       Bekerja dengan microsoft excel 2007 dan mengelola file

–       Mengelola sel dan data

–       Mengelola worksheet dan workbook

–          Apresiasi-          Imajinasi/

analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

XIV

Jumat

08 Okt 2010

13.00-14.40

Simulasi

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Microsoft Publisher 2007
  1. Fasilitator memberikan gambaran tentang Microsoft Publisher 2007 (30 menit)
    1. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membagi kelompok sesuai dengan ketersediaan laptop dan berdikusi untuk menyiapkan simulasi Microsoft Publisher 2007
    2. kelompok melakukan simulasi  tentang Microsoft Publisher 2007
    3. Selesai simulasi fasilitator melakukan diskusi dengan mahasiswa
    4. Kemampuan dalam memahami gambaran tentang Microsoft Publisher
    5. Kemampuan mengaplikasikan Microsoft Excel 2007
–       Menggunakan Mcrosoft Publisher task pane-       Fungsi-fungsi dalam microsoft Publisher

–       Keuntungan menggunakan Microsoft Publisher

–          Apresiasi-          Imajinasi/

analogi

–          Empati

–          Kreatifitas

–          Pengalaman

–          Terampil

 

6 %

XV

Sabtu

09 Okt 2010

13.00-14.40

SGD

Membuat makalah tentang pendokumentasian keperawatan melalui computer
  1. Mahasiswa membagi diri menjadi 10 kelompok
    1. Setiap kelompok membahas materi yang sama
    2. Masing-masing kelompok melakukan presentasi dan diskusi selama 15 menit
    3. Kelompok yang presentasi akan diundi pada hari H
    4. Presenter dari kelompok yang tampil ditunjuk oleh fasilitator
    5. Makalah dikumpulkan kepada fasilitator setelah selesai revisi (2 hari setelah presentasi)
Kemampuan mahasiswa menjelaskan dokumentasi dalam bentuk digital –          Komunikasi-          Kerjasama

–          Sintesa hasil

–          Saling menghargai

–          Inisistif

–          Leadership

 

6 %

16

UJIAN (30 %)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


TUGAS

  1. I.        Pertemuan 3
  2. A.   Mahasiswa membagi diri menjadi 10 kelompok dan membuat makalah tentang
    1. Pengertian komputer
    2. Sistem komponen komputer
      1. Perangkat keras

–       Processor

–       Memory

–       Input device

–       Output device

–       Storage

  1. Perangakat lunak

–       Definisi dan Konsep perangkat lunak

  1. System operasi

–       Pengertian Sistem Operasi

–       Fungsi Dasar

–       Tujuan Mempelajari Sistem Operasi

–       Sejarah Sistem Operasi

  1. Kelebihan dan kekurangan Windows
  2. B.   Makalah diketik menggunakan font Arial 11, spasi 1,5
  3. C.   Makalah dikirim melalui e’mail ke randy_chandra@rocketmail.com 2 hari sebelum presentasi

 

  1. II.        Pertemuan 7
  2. A.   Mahasiswa membagi diri menjadi 10 kelompok dan membuat makalah tentang
    1. Pengertian Blog
    2. Persyaratan Membuat Blog
    3. Keuntungan blogging
    4. Langkah-langkah Membuat Blog
    5. Mempublikasikan blog
    6. B.   Makalah diketik menggunakan font Arial 11, spasi 1,5
    7. C.   Makalah dikirim melalui e’mail ke randy_chandra@rocketmail.com 2 hari sebelum presentasi
  1. III.        Pertemuan 16
  2. A.   Mahasiswa membagi diri menjadi 10 kelompok dan membuat contoh dokumentasi keperawatan
  3. B.  

Dokumentasi keperawatan yang dibuat adalah format pengkajian sampai perencanaan

  1. C.   Format yang dibuat adalah dokumentasi tertutup yaitu menggunakan centang
  2. D.   Makalah diprint dan dikumpulkan 2 hari sebelum presentasi